Apa Itu Franchise: Pertimbangan Serta Keuntungan

Apa Itu Franchise

Setiap bisnis punya caranya sendiri agar bisa berkembang lebih baik dari waktu ke waktu. Salah satu yang cukup populer adalah melalui usaha waralaba atau franchise. Lalu apa itu franchise dan bagaimana sistemnya di Indonesia. Benarkah usaha ini menguntungkan? Simak ulasannya.

Pengertian Franchise

Apa Itu Franchise

Sebenarnya arti istilah tersebut sudah tercantum dalam peraturan menteri perdagangan No 71 tahun 2019. Istilah tersebut berarti hak bisnis milik perseorangan atau badan usaha yang pemasarannya terbukti berhasil. Selanjutnya bisnis tersebut dimanfaatkan oleh orang lain.

Tentunya dengan perjanjian waralaba antara kedua belah pihak. Sedangkan menilik dalam KBBI, waralaba atau franchise berarti kerja sama usaha dengan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan. Di mana hal ini erat kaitannya antara pemilik brand dengan sistem operasional.

Dalam pelaksanaannya, bentuk usaha seperti ini memiliki dua elemen yakni franchisor dan franchisee. Sebagai pemilik merk maka berhak memberikan hak penjualan kepada franchisee. Tujuannya sendiri adalah meningkatkan keuntungan bisnis tersebut.

Pertimbangan Memiliki Franchise

Membangun sebuah bisnis dengan sistem tersebut tentu membutuhkan banyak modal. Selain itu, penjualan barang atau jasa tersebut juga harus terbukti berhasil. Jadi bisa memasarkan secara lebih luas produk tersebut. Pertimbangkan ini sebelum punya franchise.

1. Model Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang patut menjadi pertimbangan adalah model bisnis itu sendiri. Sebab ketika Anda setuju menjalankan usaha franchise maka berarti mengadopsi bisnis atau brand orang lain. Kendati demikian tidak semua bisnis baik barang atau kasa, cukup relevan di era sekarang.

Memasarkan usaha dengan sistem seperti ini memang dinilai cukup mudah sebab brand sudah terkenal banyak pelanggan. Kendati demikian banyak juga perusahaan yang sudah kuno dan produknya tidak ideal lagi. Oleh karena itu periksa dulu model bisnis brand tersebut.

2. Sejarah Finansial Bisnis Franchise

Perlu Anda ketahui kesempatan memang tidak datang dua kali. Namun bukan berarti Anda terbatas untuk memilih. Sebelum pilih buka franchise lakukan riset kecil terlebih dulu soal keuangan bisnis tersebut. Jangan hanya terfokus pada keuntungan yang mungkin Anda dapatkan.

Sebab tidak semua waralaba layak untuk saat ini. Coba lihat kembali apakah brand tersebut masih termasuk sukses. Jika memang banyak review yang kurang baik. Sebaiknya pilih badan usaha yang lebih menonjol.

3. Tingkat Persaingan

Seperti yang Anda tahu apa itu franchise sendiri merupakan waralaba yang sudah terkenal. Otomatis banyak persaingan terjadi. Itulah kenapa pemilik lisensi biasanya membatasi jumlah merknya di setiap daerah. Badan usaha yang besar tentu menerima banyak peminat waralaba.

Apabila masih kukuh untuk membeli waralaba tersebut sebab pasarnya lebih potensial. Pertimbangkan relevan atau tidaknya jika berada di lingkungan Anda. Sebab meski terkenal jika tidak relevan, akan susah mendapatkan pelanggan.

jasa pembuatan cv

Keuntungan Bisnis Apa Itu Franchise

Bisnis franchise atau waralaba memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Itulah kenapa biasanya Anda akan menemukan beberapa brand yang sama bermunculan di berbagai daerah. Pasalnya, sistem seperti ini memang memberikan keuntungan bagi pemilik lisensi dan pembeli hak bisnis.

1. Perkembangan Bisnis Cepat

Pertama, bisnis waralaba memang menawarkan keuntungan dn perkembangan usaha yang relatif cepat. Tentu saja hal ini lebih menguntungkan dari pada harus membuat produk sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot menyiapkan berbagai kebutuhan perdagangan.

Sebab pemilik bisnis inilah yang biasanya memenuhi kebutuhan untuk proses berjalannya usaha. Kebanyakan, pembeli hak bisnis hanya perlu menyiapkan tempat untuk memasarkan produk tersebut. Jadi, Anda cukup menjalankan usaha sesuai prosedur tang telah disepakati.

2. Minim Branding

Bisnis yang sudah menjadi franchise sudah terbukti punya branding di kalangan masyarakat. Jadi, franchisee tidak perlu lagi melakukan promosi dari awal dan besar-besaran. Sebab brand tersebut sudah familiar serta kerap jadi pilihan konsumen.

Selain itu, memiliki franchise lebih mudah laku dan cepat mendapatkan keuntungan. Apalagi jika usaha tersebut relevan dengan tempat Anda berjualan. Minimnya kebutuhan promosi juga menghemat pengeluaran serta tenaga. Itulah kenapa usaha satu ini lebih mudah berkembang.

3. Rekan Bisnis Profesional

Pemilik brand tidak jarang selalu memberikan arahan dan memenuhi setiap kebutuhan usaha rekan waralaba. Ketika memutuskan membeli hak dagang atau franchise, maka berarti Anda telah menjadi rekan mereka. Memiliki rekan profesional dalam bisnis adalah keuntungan tersendiri.

Jadi kebutuhan sistem operasional juga menjadi tanggungjawab franchisor. Sedangkan pemilik hak jual franchise cukup fokus menjalankan bisnis tersebut. Pengalaman memiliki franchise juga bisa jadi pelajaran untuk mengembangkan diri sebagai pengusaha.

4. Tempat Pembelajaran

Memiliki franchise membuat seseorang belajar mengenai aspek yang dibutuhkan supaya usaha tersebut tetap berjalan. Selain itu Anda juga bisa belajar bagaimana cara memperluas bisnis dan meraih pasar. Mulai dari manajemen, mengelola keuangan, marketing dan lainnya.

Mungkin saja ilmu tersebut bisa Anda gunakan saat akan mendirikan bisnis. Kendati demikian memiliki franchise ini memang membutuhkan modal cukup besar.

Dua Jenis Bisnis Apa Itu Franchise

Sampai saat ini bisnis franchise yang paling terkenal ada dua. Pertama, waralaba luar negeri merupakan brand dagang yang berasal dari luar negeri. Di mana franchise tersebut dapat memberikan keuntungan serta sistem operasional yang lebih stabil.

Sudah ada banyak sekali merk luar negeri berdiri di Indonesia. Kedua, waralaba dalam negeri. Franchise ini dapat mendukung karir seseorang untuk menjadi pebisnis dalam waktu cepat. Bahkan untuk pemula sekalipun bisa mendapatkan pengetahuan serta pengalaman ketika ingin berbisnis.

Itulah pengertian mengenai apa itu franchise, keuntungan, serta hal-hal yang perlu pertimbangan sebelum memilihnya. Setiap bisnis pasti ada oasang surutnya. Jadi tetaplah berusaha.

Ingin membuka usaha lalu mendirikan cv perusahaan? kamu bisa menggunakan jasa pembuatan cv dari legal satu