Usaha Rumahan Lagi Trend, Berikut 10 Rekomendasinya

Usaha Rumahan

Ada banyak sekali usaha rumahan yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Meski usaha yang hanya dilakukan di rumah, bukan berarti hasilnya sedikit loh. Apalagi jika sudah punya langganan. Omzet bisa jadi naik terus.

Daftar Usaha Rumahan yang Menguntungkan

usaha rumahan

Di jaman yang serba canggih ini, semua hal seolah mungkin dilakukan. Bahkan bermunculan usaha atau bisnis baru yang dulu tidak begitu potensial. Bagi Anda yang ingin usaha sampingan di rumah aja, coba berbagai bisnis berikut:

1. Menjadi Asisten Virtual

Saat ini teknologi informasi sudah makin berkembang. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online dengan upah melimpah. Nah, asisten virtual ini bekerja membantu klien untuk mengendalikan berbagai hal yang sifatnya virtual atau jarak jauh.

Misalnya membalas email, posting di sosmed, dan sebagainya. Karena pekerjaan ini adalah layanan online. Maka biasanya klien tersebut juga bekerja secara digital. Mulai dari usaha marketing, blogger, influencer, atau pebisnis online.

2. Freelance Penulis

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan satu ini. Penulis freelance adalah kerja yang bisa Anda lakukan dimanapun kapanpun. Sebagai penulis lepas coba tawarkan jasa secara lebih luas dan berkualitas. Misalnya artikel SEO, berbahasa Inggris, copywriting, post sosmed, dan sebagainya.

Sebelum membuka jasa penulis freelance, Anda juga harus tahu kaidah penulisan artikel online. Fokuslah berlatih pada tema penulisan sesuai minat.  Untuk memperlias jangkauan coba promosi di berbagai sosial media atau bergabung ke situs freelance.

3. Blogger

Blogger kini jadi profesi yang cukup menjanjikan. Apalagi kini semua hal bisa diakses secara lebih mudah melalui pencarian google. Itulah kenapa membangun website pribadi seperti blog adalah usaha sampingan yang menguntungkan.

Sebagai blogger pastikan topik blog sesuai dengan minat, sehingga branding lebih kuat. Misalnya tentang fashion, lifestyle, kuliner, maupun otomotif. Untuk mendapatkan uang dari blog bisa pasang google adsense, melayani endorse dan sebagainya.

4. Usaha Rumahan Toko Buku

Untuk membuka toko buku memang membutuhkan modal tidak sedikit jika dilakukan secara mandiri. Nah untuk meminimalisir pengeluaran, Anda bisa menjual buku bekas. Apalagi jika memang punya potensi sebagai penulis. Tidak ada salahnya mempublis karya sendiri tanpa perlu ke penerbit.

Ada banyak platform yang bermanfaat untuk pedagang buku. Misalnya dengan membuat e-book , wordpress yang kini sudah menyediakan puluhan tema khusus buku. Usaha toko buku digital di era yang serba online ini cukup menguntungkan.

5. Menjadi Translator

Jika Anda ahli dalam berbagai bahasa asing, pekerjaan yang cocok adalah sebagai translator. Tugasnya adalah menerjemahkan sebuah kata atau kalimat ke berbagai jenis bahasa. Misalnya buku terbitan luar negeri, makalah, atau mengisi subtitle video dari berbagai negara.

Hal ini sangat berbeda dengan menggunakan layanan penerjemah otomatis. Sebagai translator harus benar-benar menguasai berbagai bahasa dan membutuhkan skill khusus. Untuk memulai berlatihlah lebih sering berbagai bahasa asing mengkhususkan untuk satu bahasa saja.

6. Usaha Rumahan Dropship

Maraknya sistem jual beli online di Indonesia memberikan peluang besar bagi masyarakat. Salah satu yang tengah santer adalah bisnis dropship. Usaha rumahan ini cukup mudah, lagi pula modalnya juga minim. Karena kemudahannya, persaingannya pun cukup ketat.

Dropship sendiri merupakan pekerjaan dengan menjual produk dari produsen. Di mana Anda hanya perlu promosi lalu menetapkan harga. Sedangkan bagian pengiriman tetap menjadi tanggung jawab pemilik barang.

Baca Juga: Bisnis Rumahan untuk Pemula

jsa pendirian cv perusahaan

7. Usaha Rumahan Agen Pulsa

Kini hampir semua orang tidak bisa lepas dari gadget. Di mana hampir seluruh pengoperasiannya membutuhkan pulsa internet. Itulah kenapa bisnis agen pulsa inline menjadi usaha sampingan menjanjikan.

Jual pulsa online memang lebih praktis sebab hanya bermodal handphone. Anda juga tidak perlu menyewa kios dan duduk berjam-jam menunggu pelanggan. Supaya dapat banyak pelanggan promosikan usaha Anda melalui situs jual beli online.

8. Menjual Camilan

Sampai saat ini menjual camilan merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Hampir semua orang suka nyemil. Di manapun kapanpun camilan dibutuhkan untuk sekedar mengatasi jenuh atau jadi teman nonton.

Nah supaya bisa mencapai target pasar di tengan persaingan yang ketat. Pastikan membuat camilan unik yang enak. Jika ingin melakukan branding, buat kemasan yang kiranya dapat menarik minat pembeli. Jangan lupa imbangi dengan promosi online maupun mulut ke mulut.

9. Frozen Food

Selanjutnya ada bisnis frozen food, makanan praktis favorit semua kalangan. Memang membutuhkan banyak modal di awal untuk membeli berbagai perlengkapan dagang. Namun seiring waktu bersamaan dengan promosi, bisnis ini menguntungkan.

Anda hanya perlu pesan ke supplier frozen food. Tanpa perlu mengolah lebih dulu. Bahkan makanan ini juga tahan dalam waktu yang lama. Pasarkan produk melalui media online seperti Facebook, Instagram, website, dan lainnya.

10. Souvenir handmade

Punya keterampilan membuat sebuah kerajinan tangan bisa jadi peluang bisnis. Seperti membuat souvenir handmade yang cantik dan menarik. Barang buatan tangan punya karakteristik tersendiri. Selain itu lebih sulit untuk ditiru.

Misalnya usaha bouqet untuk wisuda, ulang tahun, dan sebagainya. Bisa juga bisnis souvenir kustom seperti pernikahan, syukuran, aqiqah, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips sukses memulai bisnis dari nol untuk pemula

11. Jahit Pakaian

Usaha di rumah saja dengan membuka jasa jahit pakaian seperti reparasi, sewa, atau kustom baju menjadi peluang besar. Anda bisa mulai dengan promosi ke keluarga dan tetangga sekitar. Dari waktu ke waktu bisnis bisa berkembang seiring dengan keterampilan Anda.

Itulah usaha rumahan yang sedang tren dan menjanjikan. Terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin mandiri secara finansial. Kira-kira, manakah yang ingin Anda geluti?

Jika kamu ingin mendirikan cv untuk bisnis anda. kamu bisa menggunakan jasa pendirian cv dari legal satu.