Usaha Modal Kecil: 10 Rekomendasi Bisnis untuk Menambah Pemasukan

Sampai saat ini pengusaha baru di Indonesia terus bermunculan. Hal itu juga akibat dari naiknya harga kebutuhan dari waktu ke waktu. Seringkali, seseorang dibayangi dengan modal besar saat ingin memulai bisnis. Padahal ada rekomendasi usaha modal kecil yang pastinya bikin untung.

Daftar Usaha Modal Kecil di Rumah Saja

Usaha modal kecil

Bagi Anda yang ingin menambah pemasukan dengan berbisnis. Tentu tidak mudah mengumpulkan modal. Apalagi jika hal ini dilakukan secara mandiri. Oleh sebab itu alangkah baiknya mulai dengan modal kecil dulu. Ini contoh bisnisnya.

1. Usaha Modal Kecil Minuman Kekinian

Bukan rahasia lagi kalau anak jaman sekarang penasaran dengan berbagai hal yang unik dan viral. Apalagi jika berkenaan dengan jajanan atau kuliner. Memanfaatkan fenomena tersebut, Anda bisa membuka kios berjualan minuman kekinian.

Mula-mula jual kualitas tentunya dengan harga murah. Misalnya cappucino cincau, jus buah, aneka es teh. Pastinya didukung dengan packaging yang unik. Biasanya minuman seperti ini banyak menarik minat kawula muda.

2. Usaha Modal Kecil Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka dengan camilan. Apalagi jika memakannya sambil santai seperti menonton film favorit, jenuh dengan pekerjaan dan sebagainya. Itulah yang membuat pengusaha camilan terus berkembang pesat.

Cobalah membuat camilan enak yang pastinya praktis. Jika target pasar Anda adalah anak-anak, coba makanan seperti telur gulung, sempol, papeda atau lainnya. Jika ingin lebih luas bisa dengan jual keripik atau makanan ringan lainnya.

3. Usaha Modal Kecil Katering

Suka memasak dan terbukti enak, tidak ada salahnya untuk memulai usaha katering. Bisnis yang satu ini bisa dengan modal kecil. Bahkan biasanya Anda akan menerima uang muka untuk beli bahan-bahan, jadi tidak perlu lagi keluar uang.

Saat ini banyak yang memilih kasa katering untuk berbagai acar. Seperti resepsi, hajatan, khitan, tasyakuran, dan sebagainya. Pasalnya, lebih praktis dan tidak perlu repot di dapur. Utamakan kebersihan, kesehatan, juga kemasan menarik. Baik itu cemilan atau makanan berat.

4. Barbershop

Beralih dari usaha kuliner, usaha modal kecil lainnya adalah membuka jasa potong rambut. Sebab layanan ini akan selalu dibutuhkan, terutama yang punya keterampilan seperti di salon kecantikan. Anda bisa menawarkan layanan lain, tidak hanya potong rambut tapi juga relaksasi bagian kepala.

Berikan harga beserta pelayanan terbaik. Tidak perlu punya kios untuk membuka barbershop, Anda bisa memanfaatkan satu ruangan di rumah. Kendati demikian tetap harus ditunjang dengan peralatan yang memadai.

5. Bisnis Laundry

Dari waktu ke waktu kebiasaan masyarakat makin berkembang dan mengalami transisi. Semua orang pasti suka yang praktis dan hemat waktu. Ketika ada pakaian kotor menumpuk laundry adalah solusi terbaik. Itu pula yang menyebabkan menjamurnya usaha laundry di Indonesia.

Meski secara praktek membutuhkan modal untuk beli mesin cuci, pengering, yang pastinya tidak cukup satu. Nah, menanggulangi hal tersebut Anda bisa bekerja sama dengan pebisnis laundry yang sudah sukses. Yaitu berperan dalam mencari pelanggan.

jasa pendirian pt perorangan

6. Jahit Pakaian

Ingin usaha dengan modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah. Menjadi tukang jahit pakaian adalah solusinya. Tentunya Anda harus punya keterampilan mengoperasikan mesin jahit. Selain itu, coba ikuti berbagai pelatihan tata busana.

Nantinya tidak hanya menerima reparasi tapi juga pembuatan baju, celana, gamis, dan sebagainya. Sebagai permulaan Anda bisa beli perlengkapan menjahit seperti mesin, benang, meteran badan. Jika punya modal lebih, lengkapi dengan mesin obras.

7. Makanan Beku

Makanan beku membuat acara masak jadi makin praktis. Apalagi di era sekarang yang masyarakatnya menginginkan kemudahan dalam berbagai hal. Selain itu frozen food juga banyak menarik minat anak-anak.

Selain praktis dan cepat, frozen food banyak sekali macamnya. Mulai dari sosis, bakso, nugget, sotong, scallop, dan sebagainya. Jika modalnya minim, beli satu mesin saja. Atau Anda bisa memanfaatkan freezer rumahan yang harganya lebih terjangkau.

8. Fotocopy dan Print

Jika ingin membuka tempat fotokopi dan print menggunakan modal kecil. Tidak perlu beli alat fotokopi yang besar dan mahal. Anda bisa memanfaatkan laptop dan printer biasa untuk usaha di bidang jasa. Cari tempat strategis, misalnya di area sekolah, pondok pesantren, dan lainnya.

Kumpulkan keuntungan sedikit demi sedikit. Setelah terkumpul barulah lengkapi peralatan lainnya. Jika Anda pun andal dalam menggunakan aplikasi seperti Photoshop atau Corel, bisa buka jasa edit foto.

9. Dropship

Menjamurnya pebisnis online di Indonesia membuka peluang kerja bagi masyarakat. Jika ingin menambah penghasilan dari fenomena tersebut. Anda bisa usaha sebagai Dropship. Selain itu usaha ini tidak membutuhkan banyak modal.

Cukup dengan aplikasi e-commerce, lalu mempromosikan barang dari produsen untuk menjualnya dengan harga pribadi. Sedangkan soal pengiriman sudah jadi tanggung jawab pemilik barang. Kendati demikian, pilihlah toko yang dapat dipercaya.

10. Jastip

Jasa titip atau jastip ini hampir mirip dengan layanan seperti gofood. Di mana Anda akan menawarkan jasa pada orang yang mengalami kesulitan untuk akses beberapa tempat. Misalnya, orang di area terpencil.

Anda bisa menawarkan jasa mulai dari mengantar, membelikan barang atau lainnya. Tentunya harus mulai promosi secara masif untuk mendapatkan pelanggan.

11. Jasa Ketik

Di bagian akhir ada jasa ketik. Tawarkan jasa ketik seperti pembuatan naskah makalah, skripsi, atau ikut kelompok yang memberikan pekerjaan seperti penulis freelance. Cocok juga untuk ibu rumah tangga yang harus selalu di rumah namun ingin mandiri secara finansial.

Itulah berbagai jenis usaha modal kecil yang dapat menjadi pertimbangan untuk mandiri secara finansial. Sesuaikan dengan minat serta passion Anda supaya lebih nyaman menjalaninya.

Jika kamu sudah memiliki usaha dan  ingin mendirikan perusahaan tapi kesulitan atau bingung mengurus perizinan usaha, syarat legalitas dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan Jasa Pendirian PT dari Legal Satu sehingga kamu bisa fokus dalam mengembangkan bisnis.