Contoh Business Plan: Pengertian dan Aspek

Contoh business plan

Sedang membutuhkan contoh business plan untuk merintis usaha. Kini Anda berada di laman yang tepat. Jadi sebelum memulai bisnis business plan atau perencanaan memang sangat penting. Supaya perusahaan tersebut mengatah ke satu tujuan dan tidak terombang-ambing.

Pengertian Business Plan

Untuk memulai bisnis baru Anda membutuhkan perencanaan yang matang kira-kira akan dibawa kemana perusahaan tersebut. Pada tahun 1995, Hisrich an Peters mengemukakan bahwa business plan adalah gambaran atau perhitungan berbagai unsur internal dan eksternal yang ada media cetak.

Tujuannya sendiri adalah menggambarkan secara nyata mengenai perencanaan perusahaan. Selain itu dengan menjabarkan secara rinci mengenai berbagai strategi untuk mencapai hal tersebut. Misalnya mengenai beberapa sektor seperti pemasaran, keuangan, produksi, dan lainnya.

Perencanaan bisnis ini harus terstruktur dan rinci. Supaya karyawan atau anggota perusahaan lainnya dapat mengerti mengenai berbagai poin penting di dalamnya. Meliputi karyawan, mitra bisnis, investor dan lainnya yang terlibat.

Aspek dalam Membuat Contoh Business Plan 

Business plan sendiri terdiri dari empat aspek penting. Di mana semua aspek tersebut berlaku untuk semua bisnis baik besar maupun kecil. Selain itu khusus untuk bisnis kecil perencanaan bisnis hendaknya dibuat sesederhana mungkin. Ini dia aspek-aspek membuat business plan.

1. Aspek Pemasaran Contoh Business Plan 

Pertama ada aspek pemasaran yang tentunya menjadi penentu kesuksesan bisnis. Karena proses pemasaran inilah yang dapat mendatangkan pelanggan hingga keuntungan. Itulah kenapa memaparkan secara lengkap strategi pemasaran amat penting.

Dalam pemasaran harus bisa menjawab tujuh poin penting. Antara lain produk, price, place, promotion, people, process dan Physical evidence. Ketujuh poin di atas harus bisa terinci dengan baik.

2. Aspek Organisasi dan Manajemen

Selanjutnya adalah aspek manajemen. Di mana struktur tersebut tersusun mulai dari top manajemen sampai ke bawah bagian lower level manajemen. Setelah terstruktur barulah akan lebih mudah menyusun tugas dan fungsi tiap tingkatan.

3. Aspek Keuangan

Selanjutnya ada aspek keuangan, yakni menghitung modal awal yang Anda keluarkan untuk membangun bisnis tersebut. Mulai dari biaya produksi sampai operasional. Setelah ketemu barulah melakukan analisa keuangan mulai dari

  • Proyeksi pendapatan
  • Arus kas
  • Analisi laba
  • Analisis kerugian
  • Break Event Points

4. Aspek Teknis Produksi

Untuk aspek teknis produksi ini terkait berbagai hal yang sifatnya aksi. Mulai dari lokasi, persiapan, produk, hingga proses produksi. Selain itu bagian lokasi juga harus jelas bagaimana kondisi serta alamat dari tempat tersebut.

Sedangkan untuk produk. Perencanaan meliputi kemasan, warna, bentuk, jenis, serta satuannya. Berbagai hal di atas tentu harus terperinci agar mudah menjalankannya.

Contoh Business Plan

Bagi Anda yang baru bergabung dalam dunia bisnis dan ingin membuat business plan supaya usaha berjalan baik. Oleh karena itu, perlu memahami apa saja yang harus tercantum serta bagaimana penulisannya. Jadi lebih jelasnya simak contoh Business Plan di bawah ini.

Business Plan: Susu Racik Jelly

1. Struktur Organisasi Contoh Business Plan 

  • Nama Bisnis: Susu Racik Jelly
  • Bentuk Bisnis: Usaha rumahan oleh perorangan
  • Jenis Bisnis: Dessert dan Minuman Olahan
  • Alamat Bisnis: Jalan Hariyono no. 10 Jombang

2. Visi dan Misi

  • Visi: terwujud ibu rumah tangga yang berdaya serta dapat meningkatkan ekonomi keluarga dengan bisnis rumahan.
  • Misi: menghasilkan produk minuman olahan susu racik yang sehat dan nikmat. Menjunjung kualitas dengan susu sapi asli. Juga menciptakan lapangan kerja baru bagi ibu.

3. Deskripsi Bisnis

Susu Racik Jelly adalah produk minuman sehat yang terkemas praktis. Jadi bisa untuk konsumsi sehari-hari dengan rasanya yang manis nagih.

4. Keterangan Pembuat Business Plan

Pendidikan Terakhir: S1 Jurusan Tata Boga

Pengalaman Kerja: Guru tata boga di salah satu sekolah di Jombang

5. Segmentasi Pasar

Untuk jangkauan atau segmentasi pasar, Susu Racik Jelly berasal dari seluruh kalangan. Selain itu targetnya juga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Detail Produksi

Susu Racik Jelly terbuat dari susu sapi asli, gula, perisa makanan, juga jelly kenyal. Dalam proses pembuatannya susu sapi asli direbus hingga mendidih. Lalu masukkan perisa, strawberry, coklat, dan melon. Selanjutnya beri jelly yang sudah terbentuk bagai serabut.

Aduk adonan yang sudah matang sampai tercampur semuanya. Selanjutnya Masukkan dalam kemasan botol lalu segel. Susu Racik Jelly sudah siap masuk distribusi.

7. Sumber Permodalan

Permodalan usaha Susu Racik Jelly berasal dari uang pribadi sebesar Rp. 500.000

8. Pengeluaran Rutin (Bulan)

Berikut ini biaya yang harus dikeluarkan dalam proses produksi

Gaji Karyawan (2 orang): Rp 2 juta

Bahan Baku: Rp 5 juta

Biaya Kompor: Rp 300.000

Biaya Pemeliharaan: Rp 500 ribu

Total: Rp 7.800.000

9. Potensi Keuntungan

Susu Racik Jelly dijual eceran perbotol dengan harga Rp 7000/ pcs. Target penjualannya sendiri adalah 50 botol per hari dengan laba kotor berjumlah Rp 350 ribu sehari. Oleh karena itu dalam sebulan omsetnya sekitar Rp 10.500.000. Otomatis laba bersihnya adalah

Laba Bersih = Laba Kotor – Beban Bulanan

= 10.500.000 – 7.800.000

Laba Bersih = 2.700.000

10. Strategi Pemasaran

Proses pemasaran produk susu sapi racik mulai dari kerabat dekat, poster, mulut ke mulut, hingga menjadi suplayer untuk pedagang.

11. Rencana Pengembangan Bisnis

Penjualan susu Racik Jelly langsung per botol. Targetnya banyak kemudian pedagang yang menjadi pelanggan. Tentunya jika semakin besar maka berencana merekrut ibu rumah tangga supaya mandiri secara finansial.

Apabila sudah cukup berkembang, maka cabang akan dibuka di beberapa tempat wilayah Jombang. Harapannya banyak ibu rumah tangga yang terbantu dan semakin mandiri.

Contoh Business Plan di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai bisnis. Selain itu supaya tergambar dengan jelas konsep serta tujuan dari usaha tersebut.

Ingin mendirikan perusahaan sekarang juga? kamu bisa menggunakan jasa pembuatan pt perorangan dari legal satu