Venture Kapital: Pengertian dan Jenis-jenisnya

venture kapital.

Setiap pengusaha tentu sudah tidak asing lagi dengan pengertian venture kapital adalah. Istilah tersebut memiliki peran yang sangat penting terutama dalam memberikan pendanaan kepada perusahaan-perusahaan startup di tanah air. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari lebih jauh.

Venture Kapital Adalah

Venture Kapital

Modal ventura atau venture kapital yaitu salah satu jenis pembiayaan dari pemodal kepada perusahaan rintisan sebagai bentuk private quality yang diyakini mempunyai potensi pertumbuhan bagus dalam jangka panjangnya. Tidak heran bisa jadi investasi berbentuk pemberian modal.

Modal ini sendiri umumnya berasal dari bank investasi, investor yang kaya, atau bahkan lembaga keuangan lainnya. Venture capital tersebut juga bisa berupa bisnis pembiayaan untuk membentuk dan mengembangkan sebuah usaha baru baik itu di bidang teknologi atau lainnya.

Untuk mendapatkan modal ventura tentu perlu melakukan beberapa proses. Seperti pengajuan rencana bisnis melalui proposal. Kemudian jika sudah mampu menarik minat investor, maka perusahaan akan melakukan penyelidikan secara keseluruhan mengenai model usaha hingga produk yang dipasarkan.

Jenis-jenis Venture Kapital

Ada banyak jenis modal ventura yang bisa Anda ketahui. Umumnya hal ini akan berhubungan langsung dengan perusahaan startup itu sendiri sehingga penting untuk mempelajarinya lebih lanjut. Supaya semakin jelas, maka simak selengkapnya di bawah ini:

1. Expansion Venture Capital

Merupakan salah satu jenis dari venture kapital. Expansion capital sendiri merupakan salah satu bentuk pemberian modal atau pendanaan kepada setiap perusahaan startup saat sudah dalam keadaan mapan. Sesuai dengan namanya, maka perusahaan tersebut bahkan sudah siap untuk melakukan ekspansi.

Untuk pendanaan jenis ini sendiri umumnya berguna untuk melakukan perluasan pasar dan bisnis. Adapun contohnya seperti membuat pembukaan pasar baru. Selain itu, dapat juga perusahaan gunakan agar bisa memaksimalkan pasar yang sudah ada sebelumnya.

2. Startup Venture Capital 

Pada jenis venture kapital satu ini, proses pendanaannya diberikan kepada perusahaan startup yang sedang berjalan atau dirintis. Perusahaan tersebut umumnya sudah memiliki produk atau temuan untuk dipromosikan secara luas di pasaran.

Untuk dana atau modalnya sendiri umumnya berguna bagi proses pengembangan perusahaan. Seperti merekrut karyawan tambahan, meningkatkan performa bisnis, melakukan finalisasi produk maupun layanannya sehingga semakin siap beredar di pasaran.

3. Late Stage Venture Capital

Jenis modal ventura lainnya yang dapat Anda ketahui adalah late stage capital. Artinya, pemberian modal akan dilakukan kepada perusahaan-perusahaan startup yang memang sudah bagus. Dapat pula memberikannya kepada perusahaan walaupun sudah memiliki keuntungan cukup baik.

Dengan begitu, pada jenis ini sebuah perusahaan startup sudah menunjukkan pencapaian yang bagus. Adapun pemberian dananya bertujuan untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi ataupun modal sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, dapat pula bermanfaat dalam meningkatkan kualitas produknya.

4. Early Stage Venture Capital

Termasuk salah satu jenis venture kapital yang berarti sebuah pendanaan untuk perusahaan startup ketika usahanya sudah mulai berkembang serta mempunyai struktur organisasi lengkap. Perusahaan tersebut juga memiliki kantor sendiri dengan pengelolaan maksimal.

Untuk modalnya sendiri umumnya akan bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas bisnis yang sedang dijalankan. Hal tersebut juga dapat berguna dalam menambah pemasaran, menaikkan produktivitas, hingga efisiensi dari perusahaan itu sendiri.

5. Seed Venture Capital

Untuk jenis yang lainnya yaitu seed capital. Merupakan sebuah pendanaan atau pemberian modal usaha tetapi masih berada dalam tahap awal. Perusahaan startup yang mendapatkan dana satu ini umumnya masih baru saja berdiri saat itu sehingga belum terlalu lama berjalan.

Beberapa perusahaan bahkan masih belum memiliki produk sekalipun. Tidak hanya itu, struktur organisasinya juga masih belum tertada dengan sebaik mungkin. Umumnya, keberadaan dana tersebut berguna untuk melakukan riset produk, meneliti pasar, hingga tahap awal membangun bisnis lainnya.

jasa pendirian pt pma

Beberapa Tugas Venture Kapital

Pada proses pemberian modal, venture kapital akan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Umumnya hal ini berawal dari pencairan, penilaian, hingga tahap pengontrolan. Agar lebih jelas, maka simak beberapa tugas selengkapnya di bawah ini:

1. Mencari Startup Potensial

Venture kapital nantinya perlu mencari perusahaan startup mana saja yang memang cukup potensial untuk mendapatkan dana. Tentunya terdapat beberapa syarat maupun ketentuan khusus sehingga pihak perusahaan perlu memenuhinya terlebih dahulu.

Adapun syarat dan ketentuan tersebut umumnya akan ditentukan langsung oleh para venture kapital. Dengan begitu, pendanaan yang sudah mereka berikan nantinya benar-benar bermanfaat semaksimal mungkin. Khususnya dalam menghasilkan keuntungan.

2. Melakukan Analisa Venture Kapital

Setiap venture kapital juga perlu untuk melakukan analisa secara mendalam kepada potensi pasar sekaligus keuangan pada startup itu sendiri. Oleh sebab itu, penting dalam melakukan proses seleksi secara khusus sebelum benar-benar mendapatkan pendanaan.

Tidak hanya itu saja, venture kapital juga perlu melakukan negosiasi kepada setiap perusahaan startup yang sudah mereka pilih sebelumnya. Terutama apabila memiliki prospek cukup bagus serta potensial dalam mendapatkan keuntungan nantinya.

3. Dukungan Startup Venture Kapital

Saat memberikan pendanaan, pihak venture kapital juga memerlukan komitmen sekaligus dedikasi. Tentu hal ini tidak hanya sebentar saja akan tetapi sampai waktu yang cukup lama. Tepatnya hingga sekitar 5 sampai 8 tahun ke depan atau bisa saja lebih dari itu.

Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan kesepakatan kontrak terlebih dahulu dengan perusahaan startup. Agar nantinya bisa saling memberikan dukungan dalam jangka waktu pendanaan tersebut. Terlebih venture kapital juga bisa saja terlibat dalam hal yang bersifat strategis.

Itu tadi beberapa informasi lengkap mengenai pengertian venture kapital adalah. Setiap pemberian modal ventura ini sendiri dapat berupa uang, hal-hal teknis, atau bahkan keterampilan secara khusus. Tentu penting untuk memilih perusahaan startup yang paling sesuai agar mencapai tujuan secara maksimal.

Jika anda tertarik ingin mendirikan PT PMA. tidak usah pusing, kalian bisa menggunakan jasa pendirian pt pma dari legal satu