SIUJK Adalah: Jenis, Persyaratan, dan Proses Pembuatannya

SIUJK adalah

Istilah dalam bisnis cukup banyak bahkan ada beragam persyaratan yang harus Anda penuhi seperti Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ini. SIUJK adalah sebuah surat izin yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha di sektor konstruksi supaya mampu mengerjakan proyek sesuai kualifikasinya.

SIUJK adalah

SIUJK adalah

Sebelum menuju pembahasan inti artikel, Anda perlu mengetahui arti SIUJK. Ini  merupakan singkatan dari Surat Izin Usaha Jasa Konstraksi. Para pelaku usaha di bidang tersebut harus memiliki surat ini. Tujuannya agar perusahaan mereka terlihat layak serta mampu untuk mengerjakan proyek sesuai kualifikasi mereka sendiri.

Selain itu, kualifikasi itu sendiri berguna untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya kesalahan dalam Anggaran Dasar Perusahaan (ADP). Oleh karena itu, pembagian kualifikasi telah LPJK lakukan agar perusahaan dapat menentukannya sendiri, seperti K (K1, K2, K3), M (M1, M2), dan B (1, 2).

Pada kualifikasi K1 dan K2, sebuah perusahaan harus sudah memiliki bentuk sebagai CV. Sedangkan K3, M1, M2, B1, dan B2 dalam bentuk PT. Bagi Penanaman Modal Asing perlu melakukan kualifikasi B2. Setiap kualifikasi tersebut tentunya mempunyai tujuan berbeda-beda.

Jenis SIUJK

Informasi berikutnya berkaitan dengan jenis dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi itu sendiri. Sebelum melakukan pembuatan, Anda harus mengidentifikasikan bidang layanan yang dipilih agar sesuai dengan jenis-jenis dari SIUJK itu sendiri. Berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut

1. IUJK BUJKA

Jenis pertama yakni IUJK BUJKA (Izin Usaha Jasa Konstruksi Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing). Izin ini diberikan kepada pelaku usaha guna melaksanakan kegiatan jasa konstruksi di Indonesia. Umumnya, sertifikat ini dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Bagi para pengusaha asing, wajib memiliki sertifikat ini ketika ingin menjalankan usaha jasa mereka di Indonesia. Apalagi negara ini sangat menjunjung tinggi peraturan, jadi setiap warga yang berada di dalamnya harus mengikuti peraturan yang pemerintah jalankan kepada seluruh rakyatnya.

2. IUJK PMA

Surat izin ini tidak hanya berlaku bagi para pelaku usaha saja, namun juga bagi perusahaan yang mendapatkan penanaman modal asing. Pendaftaran tersebut harus terlaksana guna mempermudah pemerintah melakukan identifikasi mengenai hal ini.

Jenis berikutnya yakni IUJK PMA (Izin Usaha Jasa Konstruksi Penanaman Modal Asing). Biasanya digunakan oleh para pelaku usaha yang bergerak di bidang ini guna melakukan jasa konstruksi di Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal membantu mengeluarkan sertifikat ini.

3. IUJK Nasional

IUJK Nasional merupakan jenis paling umum di Indonesia karena berperan penting bagi para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan jasa di bidang konstruksi. Dalam hal ini, pemerintah Kabupaten atau Kota sesuai dengan domisili Anda membantu mengeluarkan sertifikat tersebut.

jasa pembuatan pt

Persyaratan SIUJK

Setelah mengetahui jenis-jenis SIUJK, Anda juga perlu tahu tentang persyaratan yang harus terpenuhi terlebih dahulu. Apalagi akan ada banyak berkas harus disediakan agar proses pembuatannya dapat berjalan dengan lancar dan juga cepat.

Baca Juga: Syarat dan Tata Cara mendaftar PIRT

Dokumen-dokumen tersebut berupa Fotokopi KTP, Fotokopi NPWP, Fotokopi PKP (Pengusaha Kena Pajak), Fotokopi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Fotokopi pembayaran PBB, Fotokopi sertifikat tanah, Fotokopi IPPT (Izin Peruntukan Penggunaan Tanah), dan Fotokopi izin SIUJK lama.

Selain itu, ada berkas lain yang harus Anda sediakan, seperti Formulir permohonan bermaterai Rp6.000, SKT Usaha, rekomendasi dari Kades/Lurah, denah lokasi, pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, dokumen lingkungan, data fasilitas peralatan, sertifikat badan usaha, dan permohonan nomor tenaga teknik.

Proses Pembuatan SIUJK

Setelah Anda menyiapkan segala kebutuhan mengenai persyaratan pembuatan, selanjutnya mengikuti tahapan proses pembuatannya. Untuk mengetahui secara lengkap dan detail mengenai hal tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: PBG Persetujuan Bangunan Gedung dan bedanya dari IMB

1. Menyiapkan Sertifikat Tenaga Ahli atau Terampil

Proses pertama yang perlu Anda lakukan yakni menyiapkan Sertifikat Tenaga Ahli atau Terampil. Tenaga ahli terfokus pada kemampuan intelektualitas dan juga teori, sedangkan terampil lebih ke arah praktik serta skill yang mereka miliki.

Apabila Anda belum memiliki sertifikat ini, maka perlu melakukan pemenuhan syaratnya terlebih dahulu, seperti S1 Teknik dan Pertanian, mengisi formulir keanggotaan, Fotokopi Ijazah S1, Fotokopi KTP, pas foto 3 x 4 4 lembar, serta NPWP. Sedangkan tahapannya meliputi interview juga training.

2. Menyiapkan Sertifikat Badan Usaha

Sertifikat Badan Usaha ini bisa Anda miliki apabila sudah memiliki SKA serta terdaftar menjadi salah satu bagian anggota asosiasi yang terakreditasi di LPJK. Sertifikat ini sendiri mempunyai fungsi sebagai bukti kemampuan suatu badan usaha Jasa Konstruksi dalam negeri maupun asing.

Pengajuan sertifikat ini juga memerlukan persyaratan tertentu, seperti Akta Pendirian, SK Menteri Hukum dan HAM, Surat Domisili Usaha, NPWP, Surat Izin Usaha Perdagangan, NIB, Pengusaha Kena Pajak, neraca laporan keuangan perusahaan, SKT/SKA, KTA, KTP, KK penanggung jawab, pas foto 4×6 4 lembar, dan struktur perusahaan.

3. Mengajukan Pembuatan SIUJK

Tahapan selanjutnya yakni mengajukan pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK. Jangka waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan proses ini adalah sekitar 4 hingga 6 minggu. Dalam hal ini, notaris dapat mempercepat proses tersebut.

Adapun beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan, seperti Akta Pendirian Usaha, pas foto 4 x 6 2 lembar, KTP pengurus perusahaan, Sertifikat Badan Usaha, NPWP, surat keterangan domisili usaha, surat izin usaha perdagangan, SK Menteri Hukum dan HAM, PKP, dan juga SKT atau SKA.

Itu tadi informasi berkaitan dengan SIUJK adalah Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi yang berguna bagi masyarakat yang ingin membuka layanan ini. Semoga artikel di atas mampu memberi pemahaman serta gambaran secara lebih jelas kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.

Jika kamu ingin mendirikan perusahaan tapi kesulitan atau bingung mengurus perizinan usaha, syarat legalitas dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan Jasa Perizinan Usaha Legal Satu sehingga kamu bisa fokus dalam mengembangkan bisnis.