Cara Daftar Kunjung Pajak Online dengan Baik dan Benar

Negara pada dasarnya menerapkan sistem pajak untuk pembangunan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Sampai saat ini hampir semua negara memiliki sumber pendapatannya dari pajak. Sebagai warga negara yang baik Anda juga harus mengetahui bagaimana cara daftar kunjung pajak online.

Definisi Cara Daftar Kunjung Pajak Online

Cara Daftar Kunjung Pajak Online

Pada tahun 2020 bulan September, pemerintah sudah menetapkan perihal Kunjung Pajak ini. Ketika itu program ini pemerintah luncurkan untuk memudahkan masyarakat yang sedang mengalami atau menghadapi pandemic. Tentu saja tujuannya adalah untuk social distancing dan lainnya.

DJP atau Dirjen Pajak menetapkan beberapa kunjungan pajak yang hadir dengan layanan berbasis online. Melalui layanan kunjung pajak berbasis internet ini, masyarakat dapat melaporkan SPT, mendaftar NPWP, sampai dengan aktivasi EFIN hanya dari rumah lewat perangkat elektronik.

Kunjung pajak adalah sebuah layanan dari pemerintah yang hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perihal perpajakannya. Akan tetapi, tidak semua warga wajib pajak mengetahui hal ini sehingga tidak sedikit orang minim informasi mengenai kunjung pajak ini.

Manfaat dari Mendaftar Layanan Kunjung Pajak Online

Inovasi dan terobosan yang DJP atau Direktorat Jenderal Pajak buat memang sangat membantu proses pembayaran. Apalagi antrian yang menjadi masalah besar ketika membayar pajak dapat terselesaikan dengan layanan ini. Berikut keuntungan layanan Kunjung Pajak berbasis online :

1. Memberikan Kemudahan Wajib Pajak

Sama halnya dengan layanan internet atau berbasis online lainnya, Kunjung Pajak berhasil memberikan kemudahan kepada warga wajib pajak. Masyarakat dapat berkonsultasi terkait aplikasi ini dengan mudah lewat layanan online.

Menariknya ada layanan e-Bupot dan e-SPT serta beberapa pelayanan lainnya. Kemudahan dalam membayarkan pajak berkat hadirnya layanan ini benar benar teras. Pengetahuan mengenai perpajakan ini memang masih minim, dan aplikasi ini sangat membantu untuk mengedukasinya ke masyarakat.

2. Pelaporan SPT Menjadi Praktis

Setiap tahunya warga wajib pajak harus melaporkan SPT tahunannya. Hadirnya Kunjung Pajak Online memudahkan dan menjadikan proses pelaporan ini menjadi lebih praktis dan mudah. Hal ini juga menjadi hal penting untuk tidak lagi melalaikan pembayaran dan kewajiban wajib pajak.

Menu Pelaporan online SPT juga membuat seseorang tidak lagi kesulitan dalam membuat janji temu. Semuanya dapat berjalan dengan cepat dan juga mudah. Mengatur jadwal pertemuan dari jauh jauh hari membuat aktivitas pelaporan SPT semakin praktis.

jasa pajak

3. Membantu Menekan Penyebaran Virus Kala Itu

Program Kunjung Pajak Online ini memang hadir untuk menekan angka penyebaran virus pandemic pada itu. Website pendaftaran online Kunjung Pajak online tentunya sangat memudahkan dan mengatasi antrian dengan sangat baik.

Efisiensi waktu pembayaran pajak benar benar terasa setelah kunjung pajak berbasis online ini hadir. Ada banyak waktu bisa Anda hemat berkat pendaftaran online dan pelaporan berbasis internet ini. Warga tidak lagi harus mengantri berjam jam untuk mendapatkan layanan pajak.

Inilah Cara Daftar Kunjung Pajak Online dengan Baik dan Benar

Meskipun berjalan secara online, bukan berarti pendaftaran ini tidak melalui prosedur atau tahapan tahapan. Untuk mendaftar kunjung pajak online ada beberapa langkah harus Anda lalui. Berikut adalah cara daftar kunjung pajak online dengan baik dan benar :

`1. Mendaftar dan Melengkapi Data di Kunjung Pajak Online

Pertama tama bukalah kunjung pajak di Google Chrome, kemudian klik website resmi kementerian atau Direktorat Pajak. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan dan menu pada website tersebut bisa pengguna pilih.

Biasanya akan muncul tombol daftar dapat pengguna klik untuk memulai mengisi identitas diri. Setelah Anda mengklik tombol daftar akan muncul beberapa form input data. Isilah semua form mulai dari NIK, Nama, Status, NPWP, sampai dengan kuasa wajib pajak terakhir pembayaran ini.

2. Melengkapi Informasi Umum dan Kesehatan

Ada juga beberapa form mengenai informasi umum seperti nomor ponsel dan email Anda harus pengguna isikan. Untuk bagian form kesehatan pastikan mengisinya dengan tepat sesuai data data valid mengenai kondisi tubuh pengguna.

Jawab sesuai dengan aktivitas dan kondisi tubuh sehari hari. Pada halaman form ini jangan ragu untuk menyampaikan jawaban sedetail mungkin perihal kesehatan agar pihak perpajakan mengerti kondisi Anda sesungguhnya.

3. Menentukan Jadwal dan Menunggu Jawaban

Setelah semua form sudah terisi dengan baik, Anda harus membuat jadwal atau janji temu. Tentukan dengan benar hari, tanggal sampai dengan jam kunjungan sekaligus memilih jenis layanan pajak sesuai dengan keperluan.

Hal ini sangat penting agar terhindar dari antrian. Semua dapat Anda konsultasikan dengan petugas pajak sampai menemukan jadwal terbaik. Setelah berhasil mengisi form dan membuat janji temu ini tugas terakhir adalah hanya menunggu jawaban dari petugas pajak melalui email pendaftaran tadi.

4. Screenshot Nomor Kunjung Pajak

Setelah semua tahapan tadi berhasil Anda lakukan dan telah mendapatkan balasan dari pihak kantor pajak melalui email, maka selanjutnya menyimpan informasi tersebut. Pengguna akan mendapatkan sebuah nomor antrian online dari email.

Untuk bisa menyampaikannya dengan petugas pajak setelah sampai ke kantor, lakukan screenshot nomor tersebut. Nantinya setelah sampai ke kantor pajak tinggal tampilkan saja nomor kunjung pajak online yang Anda dapatkan setelah pendaftaran berbasis internet tadi.

Layanan yang Tersedia di Kunjung Pajak Online

Selain memudahkan warga atau masyarakat dalam melakukan pendaftaran Kunjung Pajak, sistem ini juga menawarkan beberapa layanan lainnya. Pengguna dapat memanfaatkan layanan di website Kunjung Pajak ini untuk mendapatkan beberapa informasi seperti :

1. TPT atau Loket Tempat Pelayanan Terpadu

Melalui sistem berbasis online ini, Anda dapat memperoleh layanan untuk melakukan atau mengajukan permohonan permintaan sertifikat elektronik. Sertifikat ini sangat penting untuk pengguna yang sedang bekerja atau berbisnis.

Selain itu melalui fitur TPT atau layanan ini, Anda dapat menerima berbagai pemberitahuan. Pemberitahuan ini meliputi laporan SPT dan juga permohonan administrasi perpajakan sehingga bisa taat dan tepat waktu melaporkanya.

2. Melakukan Berbagai Konsultasi

Tentu saja sistem atau layanan Kunjung Pajak online juga menawarkan sebuah fitur konsultasi. Menu konsultasi ini bisa pengguna manfaatkan untuk menerima dan menanyakan berbagai hal mengenai SPT Tahunan atau konsultasi perpajakan.

Konsultasi perpajakan maupun SPT Tahunan sangatlah penting, apabila Anda belum memahaminya dengan baik maka fitur ini jadi jawabannya. Tersedia juga konsultasi aplikasi untuk mempelajari layanan e-filing dan e-billing.

3. Melakukan Janji Temu, Helpdesk, dan Layanan Lainnya

Tentu saja layanan ini juga menghadirkan menu jani tamu yang secara khusus memang untuk mempermudah warga wajib pajak. Melalui menu ini Anda dapat membuat kesepakatan jadwal terbaik pertemuan wajib pajak dan petugas.

Kesepakatan ini nantinya akan berlangsung lewat e-mail, WhatsApp, ataupun telepon. Fitur Helpdesk juga tersedia untuk konsultasi terkait program PPS atau Pengungkapan Sukarela. Sementara lainnya telah hadir untuk memudahkan segala aktivitas perpajakan Anda.

Demikian informasi mengenai cara daftar kunjung pajak online dengan baik dan benar serta hal penting lainnya. Sebagai warga negara Indonesia yang baik penting untuk memahami informasi ini agar bisa bayar pajak dengan benar dan baik.

Baca Juga : Jasa Pengurusan Pajak Perusahaan untuk UMKM di Indonesia.