Pengertian Firma, Kelebihan Serta Kekurangannya

Pengertian Firma

Di sini, Anda akan mengetahui tentang pengertian firma, kelebihan serta kekurangannya. Mungkin kata tersebut sudah tidak asing lagi karena telah banyak orang menjalankan bentuk persekutuan tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Firma

Pengertian Firma

Sebelum melangkah jauh pada pembahasan utama di artikel ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian firma itu sendiri. Ini adalah sebuah bentuk persekutuan yang terlaksana antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk menjalankan suatu badan usaha menggunakan nama bersama.

Setiap anggota atau pendiri di dalam persekutuan tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda dan sama-sama memegang andil untuk ikut serta memajukan perusahaan serta menjaga supaya perusahaan tetap eksis dalam waktu yang cukup lama.

Apabila terjadi kebangkrutan, maka semuanya berkewajiban untuk bertanggung jawab mengatasi hal tersebut. Selain itu, firma juga tidak memenuhi persyaratan suatu badan hukum lainnya, yaitu kekayaan yang terpisah dari setiap anggota yang berada di dalamnya.

Jenis Firma

Informasi berikutnya berkaitan dengan jenis yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke dalam bidang ini. Tujuannya adalah agar nanti tidak terjadi kesalahpahaman mengenai pengetahuan dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

1. Firma Dagang

Jenis yang pertama ada firma dagang. Sesuai dengan namanya, firma ini bergerak di bidang perdagangan yang semua aktivitasnya berfokus pada jual beli produk. Adapun beberapa contohnya di Indonesia, seperti Crocs, Nike, Diadora, dan masih banyak lainnya.

Setiap bidang tersebut memiliki fokus produk berbeda-beda, mulai dari fashion, hingga barang-barang tertentu yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Keberadaan dari brand-brand ini juga sudah sangat terkenal di kalangan banyak orang karena memiliki kualitas yang berkelas.

2. Firma Non Dagang

Firma non dagang ini bergerak di bidang jasa yang semua aktivitasnya terfokus pada penjualan produk serta mengandalkan keahlian tertentu dari keseluruhan anggota di dalamnya. Selain itu, para anggota di sini juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelangsungan perusahaan kedepannya.

Contoh dari firma ini adalah firma hukum dan firma akuntansi. Keduanya terfokus pada keahlian masing-masing. Hukum sendiri berperan penting dalam memberikan pelayanan berkaitan dengan hukum kepada masyarakat. Sedangkan akuntansi memberikan jasa akuntasi baik kepada individu, perusahaan, atau badan hukum.

3. Firma Terbatas

Terbatas atau Limited Partnership merupakan salah satu jenis firma yang harus Anda ketahui. Adapun beberapa contoh dari jenis ini yang ada di Indonesia, seperti Firma Indo Eternity, Firma Multi Marketing, Firma Sumber Rezeki, dan masih banyak lainnya.

4. Firma Umum

Jenis berikutnya adalah Umum atau General Partnership. Jenis ini biasanya digunakan untuk memudahkan para anggota di dalam bidang tersebut bekerja sama untuk menutupi hutang yang tak sanggup dilunasi.

Dalam hal ini, setiap anggota berkewajiban untuk ikut serta membayar hutang dengan kekayaan pribadi mereka. Jadi, sudah dapat dipastikan jika perekrutan anggota di dalamnya tanpa paksaan namun secara sukarela.

Syarat Mendirikan Firma

Setelah mengetahui beberapa jenis dari firma, mungkin Anda berminat untuk melakukan pendirian. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu syarat-syarat mendirikannya agar nanti semua persyaratan dapat terpenuhi dengan baik tanpa kendala. Berikut informasi mengenai hal tersebut!

Pendirian firma harus dilakukan oleh setidaknya 2 orang. Setelah itu, Anda harus menentukan namanya melalui kesepakatan bersama antara anggota atau para pendiri. Kemudian, melakukan perancangan tujuan utama agar jelas arah tujuannya.

Langkah berikutnya yakni mempersiapkan KTP dan juga NPWP dari para pendiri tersebut. Lalu, melakukan penentuan alamat, apabila belum ada, Anda bisa memanfaatkan layanan Virtual Office terlebih dahulu. Syarat terakhir yakni menentukan bidang usaha atau fokus dari firma tersebut.

Kelebihan Firma

Dari informasi di atas, mungkin Anda sudah mengetahui beberapa kelebihan yang firma miliki dan berikan kepada para pendirinya. Pertama, berkaitan dengan pengkoordinasian struktur organisasi yang sudah sangat jelas, sehingga pengelolaannya dapat terbukti secara profesional.

Kedua, Anda bisa mendapatkan modal awal dalam jumlah besar karena semua anggota atau pendiri firma bekerja sama untuk mewujudkan tujuan mereka melalui kekayaan masing-masing. Selain itu, pemilihan pemimpin dilakukan secara adil dengan memperhatikan beberapa kualifikasinya.

Kualifikasi tersebut seperti, kehalian, kecakapan, kemampuan, dan lain sebagainya. Selanjutnya, pembagian hasil dari usaha tersebut terlaksana secara adil karena menyesuaikan modal awal yang mereka setornya, hampir mirip seperti investasi.

Firma mendapatkan akta notaris yang akan membantu memudahkan proses pinjaman modal apabila terjadi krisis selama melakukan kegiatan di dalam perusahaan. Kelebihan terakhir yakni dalam menetapkan suatu keputusan, harus dilakukan musyawarah secara mufakat terlebih dahulu.

jasa pendirian firma

Kekurangan Firma

Apapun di dunia ini pasti ada kekurangannya, tidak terkecuali dengan firma. Ada beberapa kekurangan yang ditonjolkan dari bentuk persekutuan ini. Pertama, apabila Anda bergabung dan kebetulan mengalami kebangkrutan, maka kekayaan dan aset pribadi akan dijadikan sebagai sitaan.

Semua kekayaan dan aset tersebut akan berubah menjadi jaminan untuk mengganti hutang serta kerugian yang perusahaan alami. Kedua, jika terjadi kerugian menimpa salah satu anggota, maka keseluruhan anggota harus siap sedia membantu menanggung kerugian tersebut bersama-sama.

Selain itu, tidak ada lagi pemisahan antara aset perusahaan dan kekayaan pribadi. Semuanya berkumpul menjadi satu. Kekurangan yang terakhir yakni terjadinya perselisihan dengan tingkatan yang sangat tinggi apabila terjadi ketidakadilan pada pembagian keuntungan di dalam firma.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pengertian firma, kelebihan, serta kekurangannya yang perlu Anda ketahui sebelum mendirikan badan usaha tersebut. Semoga artikel di atas mampu memberi pemahaman secara luas kepada pembaca untuk mengenal lebih jauh mengenai topik pembahasan tersebut.

Jika kamu ingin mendirikan Firma tapi kesulitan atau bingung mengurus perizinan usaha, syarat legalitas dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan Jasa Pendirian Firma dari Legal Satu sehingga kamu bisa fokus dalam mengembangkan bisnis.